PTM Tingkat SMA Di Sumenep Menunggu Keputusan Pemerintah
24 Mei 2021
Dibaca Sebanyak = 3947x

Media Center, Senin ( 24/05 ) Masih dalam masa pandemi COVID-19, pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara penuh untuk tingkat SMA di wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, masih menunggu keputusan dari pemerintah.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Provinsi Jawa Timur, wilayah Kabupaten Sumenep, Syamsul Arifin menjelaskan, sesuai ketentuan saat ini pembelajaran tatap muka baru bisa diterapkan maksimal 50 persen dari kapasitas sekolah.

"Itu pun boleh berlangsung di zona hijau dengan ketentuan maksimal 50 persen dan tetap disiplin Protokol Kesehatan (Prokes),” tuturnya, Senin (24/05/2021).

Menurut dia, sekolah yang bisa melakukan PTM secara terbatas yakni wilayah dengan status zona kuning dan hijau pada peta sebaran COVID-19. Jika zona merah, akan ditunda.

“Itu berdasarkan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Kacabdin nasional,” ujarnya.

Untuk di Kabupaten Sumenep, sekolah di kepulauan sudah ada yang melaksanakan pembelajaran tatap muka penuh, yakni tercatat 42 lembaga yang berdomisili di kepulauan. Sedangkan di daratan masih menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas.

"Semuanya tetap menerapkan Prokes. Sebab, itu wajib ditaati guna menekan penyebaran COVID-19," tandasnya.

Sebelumnya, sekolah tingkat SMA/MA sederajat direncanakan melaksanakan pembelajaran tatap muka tahun 2021 ini pada 12 Juli tahun 2021.

Itu berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri untuk menggelar pembelajaran tatap muka pada masa pandemi COVID-19. ( Nita, Fer )